Bisnis Jaringan oleh berbagai suku di indonesia

Bagaimana keunikan berbagai suku di Indonesia  dalam bisnis jaringan

bisnis 4life di daerah indonesia

Indonesia terdiri dari beragam suku yang memiliki bahasa dan kebudayan yang berbeda, setiap suku memiliki keunikan masing-masing. Bisnis akan menjadi menarik dan menyenangkan ketika kita mampu menyatukan keragaman ini untuk mencapai dan impian secara bersama-sama, keluar dari zona nyaman dan mengatasi perbedaan.  Untuk dapat masuk dalam keberagaman setiap suku yang harus punya pengetahuan tentang karakteristik suku tersebut. Pelajari beberapa patah kata dari bahasa mereka dan bicarakan tentang kelebihan suku tersebut.

1. Suku minangkabau

Suku minangkabau terletak di barisan pegunungan bukit barisan sumatra barat, masyarakatnya dikenal dengan menjunjung adat kebersamaan dan semangat gotong royong. Masyarakat minangkabau juga dikenal sebagai masyarakat yang religius. Suku minang juga dikenal mandiri dan dapat bertahan diluar tanah kelahirannya, tradisinya merantau sudah dimulai sejak zaman kolonial. Diperkirakan setengah dari warga sumatra barat ada diperantaun kota-kota besar seperti jakarta, batam, subaya, pekanbaru, medan, palembang, aceh dan sebagainya.

Banyak orang minang yang sukses berbisnis diluar minangkabau, tidak hanya dikota-kota besar di indonesia tapi juga diluar negri seperti malayasia, singapura, brunai dan sebagainya. Orang minang pandai beradaptasi karena adanya pepatah dimana bumi dipijak disitu langit di junjuang.  Berikut beberapa patah atau nasehat orang minang:

  • Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Artinya adat berdasarkan agama dan agama berdasarkan kitab Allah SWT. Ini merupakan hukum dasar di ranah minang.
  • Alam takambang jadi guru, artinya alam terbentang jadi guru dan pelajaran.
  • Dima bumi dipijak, disinan lagik dijunjuang. Artinya harus bisa berdaptasi dimanapun orang minang berada..
  • Baraja ka nan manang, mancontoh ka nan sudah, artinya belajar bisnis dari orang yang yang sudah sukses.
  • Indak ago rotan, aka pun jadi, artinya orang minang harus kreatif.

Suku minang sudah terbiasa dengan bisnis dan kreatifitas yang tinggi. Hubungan talisilaturahmi yang kuat antara sesama perantauan diluar minangkabau dan hubungan yang kuat orang minang yang ada dirantau dengan yang masih tinggal diminangkabau merupakan peluang bisnis jaringan yang sangat luas. Mempelajari sekilas tentang budaya minangkabau dan` mempelajari beberapa patah kata adalah salah satu cara untuk masuk dalam jaringan orang-orang minangkabau. Banyak orang-orang minang sendiri yang sukes dalam bisnis jaringan.

Bisnis jaringan seperti bisnis 4life selain mendapatkan manfaat finansial, orang-orang minang akan mendapatkan manfaat kesehatan melalui produk-produk 4life transferfactor sepert transferfactor plus, transferfactor riovida, transferfactor cardio dan sebagainya. Pola makan orang minang yang bersantan dan banyak konsumsi daging secara langsung berdampang pada kesehatan.

 2. Suku jawa

Suku jawa adalah suku terbesar di Indonesia sehingga tidak heran kalau kita bisa temukan orang jawa dimana-mana. Dalam suku jawa dikenal dengan adanya tripartite adanya keseimbangan berolah rasa, olah jiwa dan olah pikir. Orang jawa dikenal sebagai suku yang bertutur kata lembut, rendah hati dan arif. Orang jawa banyak hidup diperantauan dan mereka biasanya mendominasi kedua setelah suku asli .  Mereka bisa bertahan dimana karena bersedia bekerja keras dimana saja dan tidak pilih-pilih tempat. Mereka punya prinsip “ yang penting dapur bisa ngebul”. Mereka bekerja dengan ramah dan banyak disukai oleh orang-orang yang memberi pekerjaan. Kelebihan lain dari orang jawa adalah sabat banget, bahkan ada yang mengatakan kalau kakinya kejatuhan besi dan bengkak di jawab dengan alhamdulillah gak berdarah. xSalah satu bisnis suku jawa yang ada dimana-mana adalah masakan jawa atau warung jawa yang dapat ditemui hampir diseluruh tempat di Indonesia.

Populasi orang jawa yang besar merupakan prospek yang besar dalam menjalankan bisnis jaringan, karena kerja keras dan keuletan serta kesabaran orang-orang jawa akan memudahkan mereka meraih kesuksesan dalam bisnis jaringan seperti bisnis 4life. Sehingga banyak orang-orang jawa yang berhasil dan menikmati kesukesan dalam bisnis jaringan. Beberapa kata-kata yang lazim atau kita dengar dari bahasa jawa seperti ora iso, rapopo dan sebagainya.

 3. Suku batak

Orang batak yang tanah kelahirannya di sumatra utara, memiliki jiwa kerja keras yang tinggi dan pantang menyerah, tidak pilih-pilih pekerjaan sehingga hampir semua pekerjaan mereka lakukan. Mereka tidak malu untuk mengerjakan apapun dan selalu optiminis bahwa mereka sanggup mengerjakannya. Sifatnya terbuka dan blak-blakan, mereka akan secara terbuka mengatakan apa yang ada dalam pikirannya. Jika tidak suka mereka akan katakan itu, jika tidak bisa maka merekapun akan berterus terang dan minta diajarkan bagaimana mengerjakannya. Ciri khas dari bahasa batak adalah nada yang sedikit tinggi dan tidak ada huruf e yang lemah. Sekilas kadang terdengar seperti orang marah, tapi sebetulnya tidak.

Semangat belajar dan kerja keras yang tinggi orang batak sangat bermanfaat dalam membangun bisnis jaringan seperti bisnis 4life, ketekunan mereka akan mengantarkan mereka pada jenjang kesuksesan dibisnis jaringan. Banyak orang-orang bayak yang sukses membangun bisnis jaringan. Selain itu mereka akan mendapatkan manfaat kesehatan dari produk-produk 4life transferfactor untuk mengimbangi pola hidup yang kurang baik.

 4.    Suku tionghoa

Suku atau etnis  tionghoa yang sering dikenal orang cina telah terbukti banyak berhasil dalam dunia bisnis. Seolah-seolah sudah terlahir sebagai pebisnis, dari kecil sudah dilatih untuk berdagang atau berbisnis. Suku tionghoa pekerja keras  dan selalu jeli melihat peluang, selain bekerja keras mereka juga bekerja cerdas. Berani mencoba sesuatu yang baru tanpa terlalu banyak rencana dan ragu-ragu.

Kebiasaan kerja keras dan mau mencoba serta terus belajar sangat membantu mereka dalam membangun bisnis jaringan. Banyak etnis-entis tionghoa sukses dalam membangun bisnis jaringan.

Suku-suku lainnya

Masih banyak lagi suku-suku yang ada di Indonsia seperti sunda, betawi, makasar atau bugis, melayu, bali, papua yang semuanya memiliki keunikan-keunikan masing-masing. Semua suku kaya akan tradisi pengajaran-pengajaran nlai positif yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Pemberian pelatihan dan pembinaan disesuaikan dengan kebutuhan mereka dan pastikan bahasa yang digunakan bisa dipahami dan tidak menimbulkan salah pemahaman atu perbedaan persepsi yang jauh. Pemilihan bahasa yang baik dan tepat sangat penting dalam menjalin komunikasi supaya hubungan baik yang diharapkan dapat terwujud. Misalnya orang batak harus menurunkan nada suaranya ketika berbicara dengan orang jawa dan bertutur kata yang lembut agar bisa diterima dengan cepat oleh suku jawa. Sebaliknya jika suksu jawa masuk dalam dalam lingkungan suku batak harus menaikkan nada suara supaya apa yang diucapkan terdengar jelas dan tidak dianggap main-main.

Membangun jaringan diluar kota akan bertemu dengan berbagai suku yang berbeda, sehingga sensitifitas terhadap budaya setempat sangatlah penting. Membuat mereka menerima kehadiran kita adalah dengan cara memahami budaya mereka dan perhatikan respon mereka seperti mengangguk, tersenyum, mengajukan pertanyaan dan sebagainya. Perbedaan suku tidak akan menjadi masalah jika kita dapat menyesuaikan diri dengan cepat dengan suku atau lingkungan yang ingin kita masuki.

Selain mendapatkan manfaat secara finansial, bisnis jaringan seperti bisnis 4life memberikan manfaat untuk kesehatan melalui produk-produk 4life transferfactor. Orang batak menyukai masakan-masakan daging yang mengandung kolesterol tinggi. Pola makan yang kurang sehat akan menganggu kesehatan atau berdampak buruk bagi kesehatan. Produk-produk 4life transferfactor seperti  tranferfactor plus, transferfactor riovida, transferfactor cardio, transerfactor trifactor dan produk-produk lainnya akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mereka. 4life transferfactor dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan sekaligus untu kesejahteraan dari suku apapun diseluruh Indonesia.

Dapatkan info lengkap tentang bisnis jaringan, bisnis 4life, bisnis dari rumah dan manfaat transferfactor serta kontak 4life, Hubungi kami  Fitri Yanti :

Email : fitri@4life-4transferfactor.com

Telp/ Wa : Fitri Yanti 08123 1000 110 /0878 9424 7850  Pin BB 2BE3D12E

4life-leader-fitri-yanti-copy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *