Jenis-Jenis Marketing Plan

Jenis-jenis Marketing Plan sebuah Multilevel Marketing (MLM) atau Network Marketing

bisnis networking 4life

Bisnis network marketing memberikan peluang kepada setiap orang tanpa memandang suku, latar belakang, pendidikan, usia, jenis kelamin, pengalaman kerja untuk  mendapatkan penghasilan tanpa batas. Memberikan  peluang usaha yang bisa dijalankan secara full time ataupun secara part time (paruh waktu).

Bisnis Multilevel marketing atau bisnis network marketing berawal dari Amerika Serikat dan berkembang pesat di sana. Diperkirakan 20% dari penduduk Amerika Serikat terlibat dalam MLM atau networkmarketing. Beberapa pengusaha terkemuka dunia banyak merekomendasikan networkmarketing diantaranya:

  1. Robert T Kyosaki yang merupakan seorang pengusaha kaya dan juga penulis buku-buku terlaris diseluruh dunia merekomendasikan bisnis networkmarketing.  Beliau mengatakan jika ingin mendapatkan kebebasan finansial, kita bisa memulainya dengan bisnis network marketing.
  2. Raja properti Amerika Serikat Donald Trump menulis buku “Why We Recommeded Multileverl Marketing”.
  3. Millioner Bill Gate mengatakan seandainya saya harus memulai kembali bisnis dari awal maka saya akan memilih networkmarketing.
  4. Dsb.

Sebelum memutuskan untuk bergabung  atau menekuni  bisnis MLM telitilah terlebih dahulu, baik dari segi produk maupun perusahaan yang menjadi naungan kita dalam menjalankan bisnis.  Salah satu faktor penting dalam yang harus diperhatikan adalah marketing plan atau bagaimana pembagian keuntugan yang diberikan oleh perusahaan.

Marketing plan adalah suatu sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan MLM dalam pembayaran bonus bagi para anggota atau mitra-mitranya dalam menjalankan bisnis. Marketing plan yang kita pahami dengan baik akan memudahkan para pebisnis untuk meraih kesuksesan dan jalannya bisnis akan terarah dengan baik sesuai dengan tujuan seorang pebisnis dalam menekuni multi level marketing.

Marketing plan yang baik adalah memberikan bonus atau pembagian keuntungan yang wajar dan adil antara distributor dan perusahaan. Pemberian bonus yang terlalu besar untuk para distributor akan mengakibatkan perusahaan tidak sehat sebaliknya pemberian reward yang terlalu kecil merugikan distributor.

Berikut beberapa jenis marketing plan dalam network marketing atau MLM :

1.    Sistem Binary Plan.

binary sistem mlm

Sistem ini mengutamakan pengembangan jaringan 2 leg (kaki) saja dan mengutamakan keseimbangan jaringan.  Leader yang berhasil mencapai keseimbangan jaringan maka akan menikmati bonus yang besar atau penghasilan network marketing yang besar, akan tetapi jika seorang leader tidak berhasil mencapai keseimbangan maka bonus akan mengalir ke dalam perusahaan. Banyak perusahaan MLM yang menggunakan sistem ini tidak bertahan lama. Banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini hanya bertahan 5 sampai 10 tahun saja. Jika perusahaan yang menggunakan sistem ini masih bertahan setelah 10 tahun dan masih mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang layak untuk dijadikan partner dalam menjalankan usaha.

Dengan sistem marketing plan ini pembagian reward yang pada prinsipnya merupakan jerih payah seorang distributor  bisa ditunda dengan alasan seperti side volume, total sales volume dan persyaratan lainnya.  Jika persyaratan ini tidak tercapai maka reward akan menjadi milik perusahaan.

 2.    Sistem Matrix

martrix system networkmarketingSistem ini menggunakan pengembangan jaringan dengan 3 leg (kaki) sebagai frontline. Sistem ini tidak jauh berbeda dengan sistem binary.

 3.    Sistem Breakway

breakawah mlmSistem ini mengutamakan kelebaran jaringan, semakin lebar jaringan anda maka semakin besar bonus yang bisa anda dapatkan.

  4.    Unilevel compressed

Sebuah sistem pembayaran yang unik yang memberikan penghargaan kepada setiap distributor, tidak hanya besar di awal, tetapi perusahaan memberikan penghargaan yang sangat seimbang di setiap level. Setiap distributor berhak menerima pembayaran bonus yang tertinggi dalam sejarah network marketing atau penghasilan network marketing yang tinggi.  Perusahaan membagikan keuntungan kepada distributor sesuai dengan komitmen yang tertera dalam marketing plan setiap bulan, tanpa adanya syarat dan ketentuan untuk menunda pemberian reward. Seluruh reward dan bonus dibagian setiap bulannya kepada distributor, tanpa adanya reward yang tertahan atau tertunda dalam perusahaan. Dengan sistem seperti ini perusahaan tidak memiliki hutang kepada distributor dan tidak ada reward yang mengalir kembali kedalam perusahaan.

 Tujuan dari marketing plan ini adalah :

  1. Perusahaan menyediakan program pembayaran yang mendalam sehingga menarik para distributor atau pebisnis yang serius menjalankan bisnisnya (heavy-hitters).
  2. Perusahaan memberikan program pembayaran awal yang tinggi sehingga menarik para pebisnis akar rumput (grass roots) atau pemula
  3. Perusahaan memberikan bonus awal yang cepat dan lebih besar sehingga menggalakkan mendorong para disributor untuk melakukan lebih banyak rekrutmen.

Seorang distributor atau pelaku bisnis MLM yang serius dan berpengalaman akan memilih program yang tidak membayar lebih dan tidak terlalu cepat membayar bonus tersebut kepada mereka, akan tetapi program yang memberi pendapatan yang sesuai kepada semua segmen distributor.

Banyak bisnis money game yang dikemas dalam MLM atau multilevel marketing, sehingga terjadi banyak penipuan ditengah masyarakat kita. Bisnis inilah yang menimbulkan efek negatif terhadap bisnis networkmarketing atau mulitivel marketing.  Kesan negatif ini lah yang membuat negatif dipandang oleh kebanyakan masyarakat sebagai bisnis yang tidak nyata. Bagaimana pembayaran bonus dan reward yang akan ada terima harus dipelajari secara seksama sebelum memutuskan bergabung dalam suatu perusahaan network marketing atau MLM.

Siapapun anda bisa mewujudkan impian melalui bisnis multilevel marketing….pahami marketing plan perusahaan tempat anda bernaung dengan baik dan tentukan strategi yang tepat untuk bisnis anda, kesuksesan akan menjadi milik anda…Insyaallah

4life research salah satu perusahaan MLM yang memberikan penghasilan terbesar bagai para pelaku bisnis yang tergabung didalamnya. Jika anda ingin belajar dan sukses dalam bisnis networkmarketing, silahkan hubungi saya fitri yanti :


Bisnis 4life pilihan tepat, mengapa?

  • 4life  menyediakan produk-produk transferfactor yang unik dan unggul dengan kualitas terbaik. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis mlm, peluang bisnis 4life research adalah pilihan tepat karena memberikan banyak kelebihan-kelebihan baik dari sisi bonus maupun dari sisi produk serta kestabilan perusahaan.
  • Komitmen dan dukungan penuh perusahaan terhadap distributor menjadikan 4life research sebagai mitra bisnis yang tepat untuk jangka panjang.
  • Produk 4life berbasis research sehingga produk-produk yang dihasilkan mengikuti perkembangan perilaku konsumen transferfactor.

Mau Tau Lebih Banyak tentang bisnis mlm seperti bisnis bisnis 4life ?

Silahkan Hubungi Kami : Afriyan /Fitri

Email : fitri@4life-4transferfactor.com | Telp : fitri 08123 1000 110 / 082233 161605 Pin BB 2BE3D12E

leader 4lifeGabung Bersama bisnis 4life dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuhnya dan manfaat finansial untuk kehidupan yang menakjubkan

One thought on “Jenis-Jenis Marketing Plan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *