Mengapa Kita Harus Konsumsi Antioksidan?

Manfaat Antioksidan Untuk kesehatan

antioksidanKonsumsi antioksidan yang cukup memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Berikut 7 manfaat dari antioksidant :

1. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas
Menurut kamus wikipedia Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senywa yang melindungi sel-sel dalam tubuh kita dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit. Radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme buh maupun faktor eksternal lainnya.
Radikal bebas menurut kamus wikipedia adalah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya, atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovalen. Akibat pemecahan homolitik, suatu molekul akan terpecah menjadi radikal bebas yang mempunyai elektron tak berpasangan. Elektron memerlukan pasangan untuk menyeimbangkan nilai spinnya, sehingga molekul radikal menjadi tidak stabil dan mudah sekali bereaksi dengan molekul lain, membentuk radikal baru.

1. Bahaya radikal bebas
Radikal bebas banyak dikaitkan dengan berbagai macam penyakit sepert kanker, jantung, penuaan dini, penyakit-penyakit degeneratif (seperti alzeimer, pikun sdb), penyakit atau gangguan pada hati, paru dan ginjal dan berbagai penyakit-penyakit kronis lainnya. Butuh waktu bertahun-tahun sejak masuknya atau munculnya radikal bebas dalam tubuh sampai menjadi penyakit yang nyata, sehingga seringkali kita tidak menyadari bahaya radikal bebas yang sedang dihadapan kita.
Dengan konsumsi rutin makanan yang mengandung antioksidan maka akan membantu tubuh melawan radikal bebas dan secara tidak langsung mencegah munculnya penyakit-penyakit kronis.

2. Anti inflamasi
Antioksidan juga dapat bersifat sebagai anti inflamasi sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan. Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme tingkat sel sehingga manfaat ini dapat mengurangi jerawat dan kerutan pada kulit.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Antioksidan juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi serangan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

4. Sebagai anti Aging
Antioksidan sangat digemari karena manfaat sebagai antioksidant, membantu mengembalikan efek-efek tanda penuaan pada kulit dan membantu meremajakan kulit. Menurut kamu widikpedia pada umumnya semua sel jaringan organ tubuh dapat menangkal serangan radikal bebas karena di dalam sel terdapat sejenis enzim khusus yang mampu melawannya, tetapi karena manusia secara alami mengalami degradasi atau kemunduran seiring dengan peningkatan usia, akibatnya pemusnahan radikal bebas tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka Kerusakan jaringan terjadi secara perlahan-lahan.

5. Mencegah Jerawat
Buah-buahan yang mengandung antioksidant tinggi dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga seluruh sel mendapat gizi yang cukup dan menetralisir efek radikal bebas sehingga mencegah timbulnya jerawat.

6. Antioksidan untuk kesehatan jantung.
Fungsi antioksidan yang mempertahankan kadar radikal bebas dalam tubuh sehingga secara otomatis membantu kesehatan jantung. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang konsumsi makanan yang mengandung antioksident memiliki resiko rendah terkena penyakit jantung dan sebaliknya orang-orang yang mengkonsumsi rendah antioksidant memiliki resiko tinggi terkena gangguan jantung.

7. Mengurangi resiko kanker. 

Penyebab kanker belum diketahui secara pasti tapi Radikal bebas seringkali dikaitkan dengan kanker, sehingga konsumsi rutin antioksidan mengurangi resiko terkena kanker karena radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan adanya penurunan resiko terkena kanker bagi orang-orang rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidant dan orang-orang yang konsumsi rendah antioksidant beresiko tinggi terkena penyakit kanker.

Sumber-sumber antioksidan
Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan, sayuran serta biji-bijian segar. Buah dan sayuran yang berkulit terang dengan warna khas seperti tomat merah, blueberry ungu, jagung kuning dan wortel oranye, kaya akan akan kandungan antioksidan. Sejumlah vitamin, mineral dan senyawa dalam makanan memiliki sifat antioksidan. Misalnya Vitamin A, C dan E adalah yang paling terkenal seperti beta karoten, lycopene dan selenium. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung sejumlah antioksidan dalam jumlah besar yang mudah ditemukan disekeliling kita:
• Wortel
• Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi dan bayam
• Beri-berian, seperti strawberry dan anggur
• Teh hijau
• Buah jeruk
• Apel dan pir
• Buah acai berry, kandungan antioksidant pada buah acai berry cukup tinggi bahkan penelitian menunjukan kandungan antioksidant pada buah acai beri lebih tinggi dibanding buah manggis
• Buah manggis. Buah manggis mudah ditemukan di Indonesia, pohon manggis bertebaran di tanah air indonesia.
Popularitas antioksidant kian melambung, banyak media cetak dan layar kaca membahas tentang antioksidant dan banyak penelitian tentang manfaat antioksidant bagi tubuh. Semua penelitian mengarah bahwa kita perlu konsumsi antioksidant yang cukup untuk memelihara kesehatan. Akan tetapi antioksidant tidak bisa bekerja sendiri tapi juga memerlukan nutrisi yang lain dalam tubuh. Variasi makanan yang kita makan setiap harinya tentulah sangat penting agar banyak tubuh yang dapat membantu kerja antioksidant menjadi optimal dalam melawan radikal bebas.
Ada berbagai jenis antioksidant yang terkandung dalam makanan dan setiap antioksidant memberikan manfaat yang berbeda. Misalnya ada beberapa antioksidant yang bekerja diotak dan ada juga yang diginjal. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidant dari berbagai jenis buah-buahan atau sayur-sayuran membuat senyawa itu lebih baik. Semakin banyak variasinya semakin baik, karena setiap antioksidant bekerja di tempat yang berbeda-beda.

Baca artikel menarik lainnya :

  • Transferfactor Riovida sebagai Jus segar mengandung antioksidan tinggi. Minuman kesehatan yang sudah dikonsumsi banyak orang di lebih dari 60 negara. Didalam transferfactor riovida terkandung molekul transferfactor dan buah-buahan mengandung antioksidan tinggi seperti acai berry, elder berry, blue berry, purplegrape juice, apple dan sebagainya. Nikmati rasa jusnya yang lezat terutama jika disimpan dalam kulkas.
  • Peluang bisnis 4life transferfactor yang memberikan peluang kepada siapa saja yang ingin memiliki usaha sendiri dengan modal minimal dan potensi penghasilan ratusan juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *