Sehat & Bahagia dengan Endorfin

Endorfin…. si hormon kebahagian yang menyehatkan

Wallpaper downloaded from http://lovewallpapers4u.blogspot.com/

Allah telah perintahkan untuk kita selalu bersyukur dan berdoa, ternyata perintah ini bisa dijelaskan alasannya secara ilmiah. Dalam kesyukuran itu ada kegembiraan, hati yang gembira mudah untuk tertawa. Berdoa memberikan ketenangan kepada seseorang yang berdoa dengan betul-betul yakin bahwa Allah selalu mendengar doa-doanya.

Ternyata tubuh kita bisa menciptakan suatu hormon yang disebut dengan hormon endorfin. Hormon ini membuat seseorang senang dan juga untuk membentuk imunitas atau sistem pertahanan tubuh. Sistem pertahanan tubuh adalah bagian terpenting bagi tubuh dalam menjaga kesehatan, karena ia melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitary pada saat kita tertawa (merasa bahagia) dan istirahat cukup. Jadi jika anda ingin merasa senang dan sistem pertahanan tubuhnya bekerja dengan lebih baik maka banyak lah tertawa, tapi jangan berlebihan tentunya karena Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Orang yang senantiasa bersyukur maka hatinya akan selalu gembira.

Baik tertawa secara alami ataupun di paksakan atau disengaja bisa mengeluarkan hormon endorfin. Ada banyak cara yang kita bisa lakukan untuk bisa tertawa misalnya dengan bercengkrama dengan teman-teman kerja, keluarga, atau bisa juga menonton film komedi atau acara-acara komedi di televisi yang kita bisa dapatkan secara gratis.

Selain itu pikiran positif juga bisa membuat otak memproduksi hormon endorfin. Orang yang selalu berdoa dengan keyakinan yang tinggi akan selalu berpikiran positif, yakin bahwa Allah selalu mendengar doa-doanya dan akan menunjukkan jalan terbaik.

Lebih hebatnya lagi penelitian mengatakan hormon ini seperti morfin, bahkan dikatakan 200 kali lebih kuat di banding morfin sehingga memberikan rasa senang dan nyaman sehingga membuat seseorang berenergi. Hormon ini bisa membuat seseorang mengontrol emosinya sehingga lebih tenang. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penyakit hati seperti stress, depresi, sedih, kecewa, dengki, dendam, dongkol dan sebagainya dan dikurangi dan bahkan dihilangkan.

Menurut penelitian Dr. Shigeo hormon kebahagiaan ini memberikan banyak manfaat seperti :
• memperkuat daya tahan tubuh
• menjaga sel otak tetap muda
• melawan penuaan
• menurunkan agresivitas dalam hubungan antar manusia
• meningkatkan semangat
• daya tahan
• kreativitas.

Bagi mereka yang sering melakukan latihan pernafasan dalam, relaksasi dan meditasi juga sangat bagus karena aktifitas ini bisa membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin. Itulah sebabnya ada yang mengatakan bahwa latihan pernafasan, relaksasi dan meditasi adalah obat penenang. Olah raga pernafasan sudah banyak berkembang diindonesia seperti yoga, tai chi, satria nusantara (SN), mahatma dan masih banyak lagi.

Hormon endorfin juga bisa di dapatkan dari luar tubuh seperti es krim dan coklat, konsumsi coklat dan es krim bisa menenangkan diri. Es krim antara lain susu, telur, gula, dan perasa. Es krim sangat disukai oleh anak-anak sampai dewasa, rasanya yang lezat dan sensasi dinginnya menumbuhkan kebahagiaan tersendiri bagi yang menikmatinya.

Tips memilih es krim:
• Pilih es krim yang memiliki sertifikasi dari POM
• Pilih es krim yang tidak mengandung pewarna, pemanis dan perasa zat kimia yang berbahaya.
• Pilih warna eskrim yang pucat karena warna pucat menandakan tidak mengandung pewarna buatan.
• Pilih eskrim yang tidak terlalu manis, karena gula berlebihan bisa menjadi lemak dalam tubuh.
• Konsumsip ada porsi yang tepat, jangan di konsumsi setiap hari.

Coklat seringkali di asosasikan makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi, lalu bagaimana konsumsi coklat supaya menyehatkan?

  • Pilihlah coklat dark chocolate dan minim kandungan bahan tambahan, Warnadark chocolate yang baik adalah seperti warna kayu mahoni dengan sedikit warna merah. Kebanyakan coklat yang dijual dipasaran mengandung gula dan susu dan bahan-bahan lainnya yang mengurasi rasa coklat.
  • Pilih kandungan persentasi kakao yang tinggi karena semakin tinggi kandungan kakao berarti semakin rendah kandungan gula.
  • Perhatikan aroma coklat, jangan pilih coklat yang beraroma terlalu kuat.

Jika seseorang bisa mengendalikan dirinya sehingga tubuhnya bisa memproduksi hormon endorfin sehingga hormon ini dianggap penghilang rasa sakit terbaik, dibanding mengkonsumsi obat-obatan penenang dari luar yang bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Jika kita menjani hidup setiap hari dengan rasa syukur dan doa, pikiran kitapun menjadi tenang dan nyaman bisa membuat kita mampu mengontrol emosi, mengutamakan kesabaran dan ketenganan dalam hidup. Itulah alasan mengapa orang yang menjalankan hidupnya dengan penuh perasaaan ikhlas dan sabar telah menciptakan kebahagiaan dalam diri mereka, secara tidak langsung mereka membuat diri mereka sehat, awet muda dan panjang usia.

Jika membiarkan pikiran kita dikuasai pikiran negatif, hidup dengan perasaan tertekan, selalu menyalahkan, sedih, kecewa, putus asa, dendam, iri, dengki, dongkol dan sebagainya maka tubuh akan mengeluarkan hormon nor endorfin. Hormon ini bersifat “racun” karena merusak jaringan-jaringan tubuh, melemahkan sistem imun dan pada akhirnya gampang terkena penyakit. Hindari sikap negatif ini karena dampaknya sangat buruk untuk kesehatan kita.

Salam sehat dan Sukses

Mau penghasilan tambahan? peluang bisnis on line? peluang bisnis dari rumah buat para ibu rumah tangga? Bergabunglah bersama kami di bisnis 4life, kami siap membantu anda, silahkan klik bisnis 4life atau kunjungi www.http://4life-4transferfactor.com/bisnis/

4life sukses copy

Dapatkan informasi menarik lainnya tentang hidup sehat dan sukses bersama 4life transferfactor di www.4life-4transferfactor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *