Siapakah prospek terbaik untuk bisnis jaringan?

Kepribadian yang Menarik adalah prospek terbaik dalam bisnis jaringan, mengapa?

prospek 4life

Setiap insan dimuka bumi memiliki kepribadian masing-masing dan satu sama lain tidak ada yang sama persis, akan tetapi memiliki kemiripan sehingga bebera karakter bisa dikelompokkan dalam satu kategori. Menemukan orang-orang yang berkepribadian baik adalah penting karena  jika didalam organisasi kita terdiri dari orang-orang baik maka akan memudahkan dalam memberikan pelatihan, arahan dan pembinaan.

Ada orang yang mudah atau mitra bisnis yang mudah untuk dipengaruhi atau diarahkan menjadi pribadi yang lebih baik , kepribadiannya terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya penghasilan yang mereka dapatkan dalam bisnis jaringan. Terkadang ada yang pertumbuhan penghasilan lebih cepat dibandingkan perkembangan kepribadiannya sehingga dia menjadi sombong, ketika kepribadianya menjadi sombong pertumbuhan jaringannya pun jadi melambat.

Terkadang ada mitra yang sulit sekali untuk diarahkan menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang berkembang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan organisasi ataupun menjadi pribadi yang lebih baik agar jaringannya bisa berkembang. Jangan banyak habiskan waktu dengan orang-orang seperti ini.

Belajar bagaimana karakteristik orang-orang yang kita inginkan masuk dalam organisasi kita tidak hanya penting untuk perkembangan bisnis selanjutnya, tapi juga untuk menemukan cara yang tepat untuk mengajak mereka bergabung. Ketika kita berhasil mempelajari cara-cara ini dan berhasil menduplikasikannya ke mitra-mitra bisnis yang ada dalam jaringan organisasi kita maka jaringan bisnispun akan berkembang lebih cepat.

Secara umum karakter seseorang hanya dibagi menjadi dua, positif dan negatif. Karakter positif adalah yang kita cari dan negatif adalah yang kita harus hindari. Bagaimana kita bisa menemukan atau melihat karakter positif dalam diri seseorang? Seorang penulis buku jaringan yang sangat terkenal mary christensen dalam bukunya “ Be A Recruiting Superstar” mengelompokkan kepribadian berdasarkan beberapa burung yang banyak dikenal orang.  Berikut beberapa jenis karakter orang berdasarkan berilaku burung:

1. Tipe Merak

Tipe merak adalah tipe prospek utama dalam bisnis jaringan.  Seperti halnya burung merak yang bulu-bulunya sangat indah keberadaannya akan menarik perhatian banyak orang. Tipe ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Sangat ceria, spontan, mudah bersosialisasi dan suka menjadi pusat perhatian
  • Mudah bosan dan menyukai sesuatu yang baru
  • Mereka tidak betah sendirian berlama-lama, jika ada telefon maka  mereka akan segera mengangkatnya.
  • Mereka biasanya kesulitan mengingat tanggal dan hal-hal yang sifatnya detail dan cenderung pelupa untuk hal-hal yang sifatnya detail. 
  • Merak sangat impulsif dan bisa saja memutuskan lansung bergabung, tidak tertarik dengan detail marketing plan sehingga jangan dekati mereka dengan hal-hal sifatnya detail.

Seseorang yang memiliki karakteristik seperti ini sangat cocok bisnis jaringan karena sebagian besar keahlian yand dibutuhkan membangun jaringan sudah dimiliki. Sifat cerianya akan menarik perhatian prospek dan dia juga bisa membinanya. Penghargaan-penghargaan yang akan diberikan perusahaan akan memberi semangat bagi mereka untuk terus bekerja keras. Untuk itu sebelum mereka bergabung dalam bisnis jaringan seperti bisnis 4life perlu untuk menceritakan penghargaan-penghargaan atau  hadiah-hadiah yang bisa mereka dapatkan ketika mencapai kualifikasi tertentu.  Produk-produk transferfactor yang sudah mendunia akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi mereka dalam mengambil keputusan, karena mereka akan mendapatkan penghargaan dan hadiah-hadiah serta perhatian atau sorotan yang bertaraf international.

2. Tipe Merpati

Ada beberapa kriteria dari tipe merpati:

  • Digerakkan oleh keinginan untuk memberikan kontribusi yang berharga dan mereka ingin dihargai akan tetapi tidak mencari perhatian publik.
  • Sifatnya sensitif dan mudah membantu orang lain dan bisa menjadi seseorang yang bisa diandalkan.
  • Pendengar yang baik, menghindari perselisihan dan melukai orang  lain.
  • Penuh empati dan murah hati serta tidak egois. Mereka sangat tertarik dengan kegiatan-kegiatan amal.
  • Rendah hati dan tidak suka menonjolkan diri
  • Tidak suka ditekan dan dipaksa serta cenderung santai.
  • Tidak suka mengambil resiko sebelum mereka benar-benar yakin untuk berkomitmen.

Tipe merpati sangat baik jika kita bisa miliki dalam jaringan organisasi bisnis, kepeduliannya pada kehidupan orang lain akan memberikan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis.  Ia bisa menjadi mentor yang hebat bagi mitra-mitra bisnisnya karena ingin menjadikan mereka hebat. Dukungan dan komitmen yang tegas dan jelas dari upline atau sukses line akan membuat mereka bekerja keras.  Kepedulian dan perhatian bahkan terhadap hal-hal yang kecil dari group akan sangat dihargai dan menjadi motivasi yang kuat untuk menjalankan bisnis.

Keinginan untuk  membantu orang lain pada tipe ini bisa juga disalurkan dengan memberikan produk secara cuma-Cuma kepada orang lain yang dianggap membutuhkan. Misalnya beberapa distributor 4life membagian produk-produk 4life transferfactor kepada orang yang yang dia anggap membutuhkannya dan tidak mampu membelinya.

3. Tipe Murai

Tipe murai memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Termotivasi oleh penerimaan dan rasa memiliki.
  • Biasanya menjadi pengikut jarang menjadi inisiator
  • Tidak banyak permintaan, mudah beradaptasi, senang dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang
  • Tidak mencari atau membutuhkan sorotan.
  • Mereka tergantung kepada pemimpin
  • Menghargai kekeluargaan dan persahabatan.
  • Mereka bisa diandalkan dan menjadi teman atau sahabat yang baik.
  • Pekerja keras
  • Tidak menyukai perubahan-perubahan.
  • Gembira dan selalu optimis tentang kehidupan

Tipe murai sangat cocok dalam bisnis jaringan karena karakteristik yang dimiliki sangat mungkin diaplikasikan untuk membangun hubungan dalam bisnis jaringan.  Jika anda memiliki mitra bisnis yang bertipe ini harus memberikan contoh yang jelas atau panduan yang detail karena biasanya prestasi  mereka tergantung dari  kepempinan leader dan group atau lingkungan tempat dia berada. Memberikan penghargaan kepada mereka, meskipun itu penghargaan kecil untuk menunjukkan bahwa anda menginginkan dia dalam organisasi anda.  Setelah mendapatkan arahan yang detail mereka bisa mengatasi sendiri sebagian besar tantangan yang dilewati.

Mereka tipe murai yang tergabung dalam bisnis 4life biasanya senang memberikan produk-produk tranferfactor secara gratis kepada mereka yang dianggap membutuhkan karena menyukai sisi sosial dari bisnis jaringan.

 4.   Tipe Gelatik

Tipe burung ini memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Pekerja keras dan berani
  • Penyendiri, cenderung tertutup dan menghindari kerumunan orang banyak,
  • Cenderung menghindari undangan presentasi, mencari alasan untuk tidak menghadirinya.
  • Tidak suka bersosialiasi diluar dari ikatan keluarga.
  • Tidak terlalu membutuhkan handphone untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan banyak orang.
  • Termotivasi oleh keamanan, memberikan kebutuhan orang yang mereka perhatikan.
  • Memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk menyenangkan orang-orang yang di sayanginya. Mereka memiliki kemampuan untuk bangkit dari kegagalan, bahkan ia bisa memetik hasil ketika orang lain gagal.

Karakter gelatik sangat bagus jika bisa dimiliki dalam jaringan organisasi bisnis jaringan. Ketika mengajak seseorang yang berkarakter tipe ini dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka karena sifatnya yang tertutup, penting untuk  mengetahui apa yang dia butuhkan untuk membahagiakan keluarga atau orang yang dia perhatikan.

Fleksibilitas yang mereka bisa mereka dapatkan dalam bisnis jaringan penting untuk ditekankan dalam presentasi, mereka akan cenderung bekerja dari rumah atau bekerja dengan tidak terlalu melibatkan banyak orang. Dukungan dan bimbingan dari para upline akan menjadi dorongan bagi mereka untuk bekerja mendapatkan apa yang dianggap dibutuhkan untuk keluarga atau orang yang diperhatikan. Pantang menyerah dan akan terus bekerja sampai berhasil, bahkan jika menemukan kegagalan dia akan bangkit kembali dengan cara-cara yang menakjubkan.

 5.   Rajawali

Karakteristik dari burung rajawali menurut mary christensen adalah sebagai berikut:

  • Mereka digerakan oleh kesuksesan, status dan kekuatan
  • Ambisius dan beriorientasi tujuan, mereka tidak akan membiarkan apapun atau siapaun menghalangi mereka.
  • Sangat kempetitif, selalu ingin jadi pemenang dengan menang luar biasa.
  • Penuh percaya diri, karismatik dan tegas.
  • Memiliki target yang tinggi dan tidak menyukai hal-hal yang detail.
  • Cepat mengambil keputusan dan dapat mendelegasikannya dengan cepat.
  • Berbicara tegas dan langsung secara tajam yang kadang kala tidak bisa diterima semua orang, tidak takut konflik, kurang bijaksana sehingga kadangkala menimbulkan ketidaksukaan orang lain atau bahkan kebencian.
  • Pengakuan sangat penting, sehingga terus mencetak prestasi untuk mendapatkan penghargan-penghargaan.

Tipe rajawali bisa sukses dengan cepat dalam bisnis jaringan seperti bisnis 4life, mereka bisa menjadi pemimpin yang hebat karena ambisi dan hasrat mereka mendorong mereka untuk besar dan sukses. Jika mendekati orang seperti ini buatlah mereka merasa penting. Jangan terlalu banyak membahas hal-hal detail dan kecil, penenekanan pada presentasi adalah hal-hal besar yang mereka bisa dapatkan. Misalnya bagaimana mendapatkan 50 juta per bulan, bagaimana mendapatkan liburan gratis yang mewah dalam waktu 3 bulan, bagaimana membeli mobil impian terbaru dalam waktu 1 tahun dan sebagainnya.

Mereka akan termotivasi oleh diri mereka sendiri ketika memiliki gambaran yang jelas dan langkah-langkah yang jelas bagaimana mereka bisa mendapatkan hal-hal yang diinginkan dalam hidup mereka. Bicara yang jelas, cepat dan tegas tentang prospek bisnis 4life dimasa mendatang dan manfaat dari produk-produk transferfactor.

 6.    Burung Hantu

Menurut mary christensen tipe dari burung ini adalah sebagai berikut:

  • Burung hantu termotivasi oleh keinginan akan ilmu pengetahuan
  • Tipe ini seorang pemikir, tenang, sabar, tertarik dan termotivasi oleh hal-hal yang sifatnya detail.
  • Membutuhkan banyak angka, data, fakta dan informasi yang banyak.
  • Segala sesuatu tertata rapi dan teratur.
  • Analitis, jumur, bisa diandalkan dan pekerja keras
  • Tipe ini bisa dibilang seorang perfectionis
  • Dapat mengatur keuangan dengan baik

Tipe burung ini juga sangat bagus dalam bisnis jaringan, karena kemampuannya mengelola keuangan dan mengatur sumber daya yang dimilliki untuk membangun sebuah bisnis.  mereka membutuhkan data serta informasi yang banyak untuk  mengambil keputusan, karena itu untuk membuat mereka masuk dalam organisasi bisnis 4life harus diberikan data-data dan informasi-informasi yang sebanyak-banyaknya.  Mereka membutuhkan leader yang terorganisir, jika data fakta serta informasi yang diberikan telah cukup untuk mengambil keputusan maka merekapun akan bekerja keras mencapai tujuan yang diinginkan.

Hindari Kepribadian Negatif

Dan masih banyak lagi jenis-jenis kepribadian-kepribadian yang lain. Tidak ada manusia sempurna didunia ini, setiap orang akan memiliki sisi positif dan sisi negatif, selama sisi positif masih dominan maka ia adalah prospek yang baik atau mitra yang baik yang  patut kita perjuangkan untuk masuk dalam jaringan organisasi bisnis kita. Jika seseorang memiliki sifat dominan negatif seperti keserakahan, cenderung pemalas dan ingin mendapatkan sesuatu dengan cara mudah, ingin menguasai, tidak jujur, cenderung memaksakan kehendak dengan mengabaikan pendapat atau keinginan orang lain mendomiasi, sebaiknya jangan buang-buang waktu bersama mereka, segera tinggalkan mereka meskipun sekilas tampak menarik. Sifat-sifat negatif yang masuk dalam jaringan organisasi kita tidak hanya akan banyak menghabiskan waktu dan energi akan tetapi juga bisa smemberi pengaruh buruk bagi mitra-mitra bisnis yang lain. Kita akan kehabisan energi menghadapi orang-orang yang punya sifat negatif yang dominan.

Setiap orang mungkin saja mirip dengan 3 jenis burung, tapi lihatlah sifat dominan yang paling cocok maka tipe burung itulah yang cocok bagi seseorang. Pilihkan pendekatan yang paling cocok untuk masuk dalam kehidupan mereka dan menjadi bagian dari mereka. Sebaik cepat dalam beradaptasi dengan kepribadian prospek atau mitra-mitra bisnis maka jaringan bisnis akan cepat berkembang. Bagi pemula yang baru bergabung bisa meminta bantuan upline untuk membantu menghadapi karakter yang sulit. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya latihan prospek maka kemampuan mengenali orang lain akan terus meningkat, kemampuan membangun dan mengembangkan jaringan akan terus berkembang. Seperti halnya keahlian-keahlian yang lain, keahlian untuk memahami prospek juga membutuhkan latihan-latihan. Jika keahlian mengenali karakteris prospek berhasil terduplikasi dengan baik, maka jaringan atau jumlah member 4life yang ada dalam organisasi andapun akan tumbuh lebih cepat.

Dapatkan info lengkap tentang bisnis jaringan, bisnis 4life, bisnisd dari rumah dan manfaat transferfactor serta gabung member 4life, Hubungi saya Fitri Yanti :

Email : fitri@4life-4transferfactor.com

Telp/Wa : Fitri Yanti  08123 1000 110 / 0878 9424 7850 Pin BB 2BE3D12E

4life-leader-fitri-yanti-copy

Referensi  : Mary Christensen, Be a recruiting Superstar, mic publishing 2008

Cari dan Temukan Mitra yang Tepat untuk membangun jaringan bisnis 4life Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *