Strategi Facebook Marketing Menggunakan Personal Facebook

Untitled-2Mengapa Facebook Marketing sangat menarik?

Dimana orang berkumpul maka disitulah pasar dan facebook saat ini menjadi tempat berkumpul yang paling banyak didatangi oleh orang-orang di seluruh dunia, di Indonesia hingga januari 2018 ada sekitar 130 juta akun dan diakhir tahun 2018 tentunya jumlahnya jauh lebih banyak. 130 juta akun atau pengguna adalah suatu angka yang sangat potensial untuk kita memasarkan suatu produk.

Menurut data dari tekno.compas.com jumlah pengguna layanan media sosial pada tahun 2018 mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan digital tahunan yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite, pertumbuhan sosial media tahun ini mencapai 13 persen dengan jumlah pengguna total mencapai 3 miliar. Dari angka tersebut, penggunaan Facebook masih mendominasi.

Tahun 2018, pengguna aktif Facebook tercatat menguasai dua pertiga pasar dengan jumlah pengguna lebih dari 2,17 miliar. Naik hampir 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

Akun Facebook adalah cerminan diri pemiliki akun

Setiap orang bebas mengekspresikan dan berpendapat disosial media sehingga kita harus bijak dalam menggunakan sosial media. Orang-orang dari berbagai kalangan bebas menggunakan facebook dan salah menggunakannya bisa berdampak buruk.

Postingan yang berbau hoax dan berita negatif bisa berakhir dengan penjara. Postingan-postingan galau, sedih, kecewa, marah dan sebagainya akan berdampak buruk akhirnya kepada pemilik akun.

Sebaliknya postingan-postingan yang bermanfaat dan berdampak baik untuk teman-teman facebook akan mendatangkan banyak share dan komen. Karakter dan kepribadian seseorang bahkan bisa dinilai dari postingan-postingan pemiliknya, oleh karena itu berhati-hatilah dalam menggunakan facebook. Facebook marketing menjadi efektif jika kita menampilkan citra yang baik, sebaliknya citra kita akan terpuruk dan facebook marketingpun akan nihil jika teman-teman facebook menangkap citra negatif dalam diri kita.

Mereka yang pesimis

Orang-orang yang pesimis selalu memposting hal-hal kegalauan, sepanjang hari bisa lima kali sehari postingan kegalauan hatinya. Orang-orang yang galau menebaran energi negatif, dia semakin menarik energi negatif dalam hidupnya dan hidupnya tidak akan keluar dari kegalauan dan masalahnya. Dia tidak akan menemukan kebahagiaan dalam hidupnya dan akan terus dilanda kegalauan. Facebook marketing strategi apapun yang diterapkan pada karakter seperti ini akan berujung kegagalan.

Mereka yang negatif

Orang-orang yang negatif seringkali posting hal-hal yang berbau negatif seperti kemarahan, kebencian, hoax, hasutan dan sebagainya. Memancing perdebatan antar satu golongan dengan golongan yang lain. Orang seperti ini selalu berprasangka negatif terhadap kehidupan, terhadap orang lain dan terhadap masa depan. Pikirannya penuh dengan rasa curiga dan susah mempercayai orang lain.

Energi negatif yang dipancarkan setiap hari, bahkan bisa berkali-kali dalam satu hari akan menarik energi negatif dalam kehidupannya, maka orang-orang seperti ini akan sulit meraih kesuksesan dalam hidupnya. Jualan menggunakan facebook marketing menjadi sangat sulit untuk membuahkan kesuksesan yang diinginkan.

Orang-orang Positif

Orang-orang positif mereka yang memberikan banyak manfaat untuk teman-teman facebook mereka yaitu dengan cara memposting hal-hal atau informasi yang bermanfaat dan menghibur. Mereka akan mendapatkan banyak engagement dari teman-teman facebook.

Hari-harinya penuh dengan keceriaan dan itu tercermin di setiap postingannya. Keceriaannya itulah yang terus menarik banyak rejeki setiap harinya. Dia terus berfokus setiap harinya bagaimana bisa memberikan manfaat yang lebih dan lebih banyak lagi, selalu berfikiran positif dan menyebarkan aura pikiran positif.

Orang-orang positif lah yang dapat mengembangkan bisnis dan mendapatkan market di facebook, bisnis mereka akan terus bertumbuh dan bertumbuh. Buat teman-teman yang ingin membangun bisnis di facebook haruslah memiliki karakter orang-orang positf

Jika masih ada karakter-karakter galau dan negatif sebaiknya segera tinggalkan untuk meraih kesuksesan.

 Menjual dengan facebook personal /personal page

Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, pepatah ini juga berlaku ketika kita berjualan di personal page. Orang tidak akan membeli dari kita kalau mereka tidak kenal dengan kita, untuk itu kita perlu membangun personal branding terlebih dahulu.

Dari tidak tahu menjadi kenal

Dari kenal menjadi dekat

Dari dekat menjadi percaya

Dari percaya menjadi yakin

Inilah tahapan-tahapan seseorang dalam melakukan pembelian, jika kita sukses melewati tahap-tahap ini, maka penjualan atau closing bisa dilakukan dengan mudah.

Pembuatan Nama Akun

Buatlah nama akun dengan nama sendiri, jangan dengan nama produk atau nama merek produk, apalagi nama perusahaan. Misalnya nama saya adalah fitri yanti, maka sayapun membuat nama akun facebook saya sebagai fitri yanti saja.

Berikut syarat dan ketentuan nama akun yang tidak di boleh di cantumkan di Facebook:
• Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter atau tanda baca
• Karakter dari beragam bahasa
• Gelar apa pun (misalnya: profesional, keagamaan)
• Kata atau frasa umum alih-alih nama Kata yang menyinggung atau menyiratkan sesuatu yang tidak pantas

Foto Profile yang tepat

Pilih foto profile yang menarik dan foto anda sendiri, jangan pasang foto hewan peliharaan atau foto bayi atau anak-anak. Jangan juga pasang foto produk yang kita jual karena facebook tidak mengizinkan menggunakan foto profile untuk jualan. Profile memberikan kesan pertama ketika orang masuk ke akun kita, jadi harus menarik dan menggambarkan tentang kita sebagai seorang professional. Ini adalah salah satu hal yang penting dalam facebook marketing strategi.

Cover Facebok

Untuk cover facebook kita tidak harus memasang orangnya, kita bisa pasang dengan produk yang kita jual, pada cover ini kita juga bisa menampilkan kontak yang jelas agar kita mudah untuk dihubungi.

Membuat Identitas diri

Membuat identitas diri dapat dibuat pada menu settingan, disana bisa dimasukkan data-data yang berkaitan dengan produk yang kita jual.

Updates Status

Setelah membuat data-data diatas, maka langkah selanjutnya untuk facebook marketing strategi menggunakan personal page adalah mengundang orang untuk mengenal anda dan akhirnya melakukan pembelian yaitu dengan cara dengan melakukan posting atau update status.

Jangan posting produk yang kita jual terus menerus, itu akan membuat teman-teman jadi tidak suka. Tapi posting lah foto, video atau artikel-artikel yang viral dan bermanfaat terutama yang berhubungan dengan produk atau tips-tips yang bermanfaat. Rumusannya adalah 3:2, 3x untuk posting yang viral dan satu kali jualan. Posting jualannya bersifat covert selling yaitu jualan dengan cara tersembunyi.

Jam-jam posting yang direkomedasikan, artinya postingan dimana pengunjung atau pengguna facebook banyak yang aktif:

  1. Pukul 09.00-10.00, pada jam seperti ini kebanyakan karyawan baru sampai dikantor dan belum memulai aktifitas yang berat, biasanya menggunakan waktu luang untuk membuka hp sebelum memulai aktifitas kantor yang lebih serius.
  2. Pukul 12.00-13.00, pada jam ini waktunya istirihat siang. Untuk melepaskan kepenatan disela-sela makan siang banyak yang membuka hp untuk melihat facebook
  3. Pukul 16.00-17.00, pada jam ini mulai lelah dengan aktifitas kantor dan banyak orang mulai membuka hp untuk mengendorkan ketegangan setelah beraktifitas sejak pagi hari.
  4. Pukul 20.00-22.00, pada jam ini orang-orang sudah kembali kerumah dan berbaring untuk kembali buka hp untuk mencari hiburang atau informasi.
  5. Pukul 23.00-02.00, meskipun sudah malam ternyata pada jam ini masih banyak pengguna facebook yang masih aktif.

Artikel menarik lainnya:

Hidup kaya tanpa batas adalah kaya secara finansial dan juga punya tubuh yang sehat, karena kekayaan tidak berarti jika kita punya tubuh yang sakit-sakitan. Buat kaum wanita menjaga kesehatan tubuh sangat penting, dan sistem pertahanan tubuh memegang peranan penting untuk memelihara kesehatan. Transferfactor belle vie adalah nutri terbaik untuk sistem pertahanan kaum wanita karena memberikan manfaat ganda yang membuat sistem pertahanan tubuh bekerja lebih optimal dalam melindungi tubuh dari serangan-serangan musuh tubuh yang membawa penyakit.

Dapatkan manfaat luar biasa dari transferfactor belle vie untuk kesehatan kaum hawa, menjadikan tubuh anda lebih energic dan awet muda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *