Tips Memberikan Presentasi Bisnis

Tips Melakukan Presentasi Bisnis

 presentasi bisnis 4life

Melakukan presentasi adalah langkah yang harus dilakukan setelah membuat daftar nama dan mengundang prospek dalam membangun sebuah bisnis network marketing. Keahlian presentasi juga harus diasah dan terus menerus, seiring dengan bertambahnya jam terbang presentasi keahlian presentasipun akan meningkat.

Mengundang prospek ke pertemuan atau presentasi lebih efektif untuk melakukan banyak perekrutan. Bayangkan jika punya sepuluh prospek maka kita akan kewalahan mendatangi mereka satu per satu, tapi dengan mengudang mereka ke pertemuan atau presentasi akan memudahkankan kita. Meskipun baru bergabung dalam bisnis 4life, lakukan presentasi dengan cara antusias dan penuh semangat, tidak perlu khawatir dengan sedikitnya ilmu yang dimiliki karena para upline atau support line akan membantu.  Kecepatan anda dalam membangun bisnis di 4life tergantung dengan kecepatan anda dalam belajar dan mempraktekan keahlian yang dibutuhkan di bisnis jaringan.

Presentasi bisnis 4life bisa dilakukan di rumah, kantor atau dihotel. Semakin banyak peserta yang hadir dalam suatu presentasi tentu saja semakin baik karena peluang merekrut jadi lebih besar. Untuk meningkatkan jumlah peserta, kita dapat memberikan reward atau penghargaan kepada mitra atau calon prospek yang bisa mengajak banyak calon prospek lainnya. Misalnya tersedia hadiah satu botol transferfactor untuk bisa membawa lebih dari 10 orang calon prospek atau memberikan hadiah kecil yang menarik bagi prospek.

Selama melakukan presentasi bawalah hadiah kecil yang bisa dibagikan dan bawalah tools yang bisa mendukung informasi yang disampaikan selama presentasi seperti kompas kit, majalah summit, katalog produk, brosur dan tools lainnya. Bersikap ramah dan hangat pada setiap orang adalah penting, karena dari situ mulai membina hubungan dengan prospek-prospek yang hadir dalam presentasi. Presentasi harus menjadi seperti iklan yang menarik bagi bisnis anda, orang-orang akan memberikan perhatian penuh, tidak mengeluh dan bosan jika presentasi “iklan” yang ditampilkan informatif dan menghibur. Presentasi bisa dibumbui dengan sedikit lelucon yang menghibur dan cerita-cerita menarik tentang pengalaman pribadi atau pengalaman teman-teman yang relevan atau cocok dengan kondisi prospek. Kemampuan presentasi sangat menentukan keberhasilan anda dalam membangun sebuah bisnis network marketing.

Selama presentasi anda dapat mengajukan pertanyaan-pertanyan yang bisa membuat prospek tertarik atau termotivasi untuk melakukan sesuatu misalnya:

  • Apa yang paling mereka inginkan dalam hidup ?
  • Apa tujuan hidup mereka
  • Berapa banyak waktu luang dimiliki saat ini.
  • Masalah atau dilema apa yang terjadi di kebanyakan prospek?
  • Gaya hidup seperti apa yang diinginkan
  • Dan sebagainya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan selama melakukan presentasi:

  • Informasi yang disampaikan harus jujur, bisnis yang baik dan bersifat jangka panjang harus dibangun atas dasar kejujuran dan ketulusan.
  • Jangan berlebihan dalam produk (menyampaikan manfaat transferfactor). Kualitas produk transferfactor akan berbicara sendiri dilapangan, mereka yang telah merasakan manfaat transferfactor akan bercerita dengan sendirinya. Termasuk dalam menyampaikan peluang bisnis 4life pun harus realistis, tidak boleh berlebihan serta memberikan janji-janji yang berlebihan.

Anda harus melakukan persiapan presentasi sebaik mungkin dan melakukan presentasi sebaik mungkin, jangan berfokus pada hasil tapi fokuslah untuk melakukan presentasi dengan sebaik mungkin. Buatlah presentasi yang memiliki kekuatan untuk merubah kehidupan orang lain.

Memulai  presentasi

Bisnis jaringan atau network marketing bukanlah bisnis untuk semua orang sehingga mulailah presentasi dengan sudut pandang mereka, misalnya menampilkan beberapa pertanyaan yang bersifat umum. Hal ini penting agar mereka tidak bertanya-tanya apa manfaatnya ini untuk saya. Pertanyaan yang bersifat umum yang bisa kita ajukan kepada semua orang misalnya apa yang membuat kita bahagia?

  • Apakah kesehatan optimal bisa membuat hidup kita bahagia?
  • Apakah penghasilan yang besar bisa membuat hidup kita bahagia?
  • Apakah kebebasan waktu bisa membuat kita bahagia? Dapat pergi berlibur bersama keluarga kapan saja bisa membuat kita bahagia?
  • Apakah menyumbang atau memberkan donasi bisa membuat kita bahagia?
  • Apakah naik haji bisa membuat kita bahagia?

Contoh lain misalnya bisnis apakah yang terbaik dimasa kelesuan ekonomi? Dan sebagainya. Intinnya adalah kita memulai presentasi dari sudut pandang mereka untuk mendekatkan hubungan dan mencari persamaan dengan prospek, terutama jika kita melakukan presentasi di depan banyak prospek dengan berbagai macam latar belakang.

Selama melakukan presentasi sikap antusiasme harus tetap dijaga dan menunjukkan ketertarikan pada hal-hal yang menarik bagi prospek. Tunjukan sikap positif dan kesediaan untuk membantu mereka dan tetap membantu mereka untuk sekses bersama di bisnis jaringan.

Jika kita melakukan presentasi di depan 2 atau 3 orang, ajukan pertanyaan-pertanyaan untuk terus menggali apa yang ada dalam pikiran mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka membuka diri dan memahami permasalahan dalam hidupnya serta kelebihan atau potensi yang mereka miliki. Merespon secara baik apapun pertanyaan mereka ataupun keberatan mereka. Dari keberatan atau respon negatif mereka kita bisa paham bagian mana dari pemikiran mereka yang masih buta dan perlu untuk kita berikan pendidikan. Jangan membantah atau bersikap offiensif terhadap keberatan dari prospek. Selama presentasi harus menebarkan ketertarikan dan menunjukkan sikap simpati, sikap emosional yang positif seperti ini akan menjadi jembatan untuk menjadi lebih dekat dengan prospek.

Jika anda melakukan presentasi dengan baik, maka proses perekrutan pun akan sangat mudah. Jangan lupa siapkan hal-hal yang diperlukan untuk pendaftaran, karena dari beberapa orang prospek bisa saja menyatakan siap bergabung hari itu juga. Meskipun kebanyakan proses perekrutan memerlukan lebih dari 3 kali pertemuan, ada yang mengatakan butuh 4 sampai  5 kali presentasi. Bahkan seorang pebisnis jaringan yang sukses pernah menjadi prospek selama bertahun-tahun. Kita tidak bisa mengendalikan respon prospek terhadap kita, tapi kita bisa terus menerus memperbaiki kualitas presentasi kita.

Mau Tau Informasi lebih lengkap tentang bisnis 4life?

Silahkan Hubungi Kami

            • Informasi Peluang Bisnis 4life
            • Pendaftaran Distributor Independent 4Life
            • Pendaftaran Seminar & Training

Email : fitri@4life-4transferfactor.com

Telp /Wa : Fitri Yanti  08123 1000 110 / 0878 9424 7850 BB 2BE3D12E

4life-leader-fitri-yanti-copy

Kami Siap Membantu Anda Jika Ingin Bergabung dan Sukses Bersama 4Life

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *