Tips Menjadi Mentor yang Efektif

Bagaimana Menjadi Mentor Yang Efektif 

Computer study

Banyak orang yang  masuk dalam bisnis jarigan dan mengalami kegagalan, mereka yang gagal tersebut seringkali menyalahkan lingkungan atas kegagalan mereka seperti menyalahkan upline, perusahaan, produk, support sistem dan sebagainya.  Kesuksesan setiap orang yang bergabung dalam bisnis jaringan terletak pada dirinya sendiri atau merupakan tanggungjawabnya sendiri, bukan tanggung jawab orang lain.

Orang-orang yang sudah sukses dalam bisnis jaringan seperti bisnis 4life (independent distributor 4life) mengatakan bahwa salah satu kunci penting dalam keberhasilan mereka adalah mandiri. Menjadi mandiri atau mendorong mitra-mitra untuk segera mandiri adalah salah satu kunci penting dalam mempercepat kesuksesan. Jangan menggantungkan keberhasilan atau kesuksesan pada orang lain seperti upline dan sebagainya.

Kesuksesan seseorang dalam bisnis jaringan (independent distributor 4life) ditentukan oleh keberhasilan orang-orang dalam organisasi bisnis, menginvestasikan waktu untuk mengembangkan mitra-mitra bisnis untuk bisa menjadi pebisnis yang mandiri adalah sangat penting. Berfokuslah memberikan bantuan kepada mitra-mitra yang bisa memanfaatkan bantuan secara optimal. Jangan habiskan waktu pada orang-orang yang tidak konsistem dan berkomitmen yang tinggi terhadap bisnisnya.

Bantuan atau dukungan yang diberikan mengarahkan mereka untuk dapat mandiri, dapat melakukan kegiatan bisnis sendiri tanpa harus di dampingi terus menerus. Untuk member baru mereka  perlu didampingi atau diberikan contoh minimal 10 kali bagaimana melakukan presentasi baik itu presentasi tentang bonus 4life dan penjelasan tentang produk-produk 4life transferfactor dan pendekatan terhadap prospek. Sebagai contoh sebutlah tuan amir baru saya bergabung sebagai independent distributor 4life dan yang merekrut atau mengajak tuan amir adalah tuan yusuf.  Selama 3 kali tuan yusuf memberikan contoh bagaimana melakukan presentasi sedangkan tuan amir hanya duduk diam, mendengar dan mengamati selama presentasi berlangsung.  Pertemuan ke 4 tuan amir harus melakukan presentasi dengan tetap didampingi tuan yusuf. Setelah selesai tuan yusuf akan memberikan koreksi dan masukan agar presentasi berikutnya tuan amir bisa lebih baik.  Pertemuan ke 5 dapat dilakukan kembali oleh tuan yusuf dan tuan amir kembali belajar, pertemuan ke 6 kembali dilakukan oleh tuan amir. Hal ini dapat dilakukan sampai 10 kali.

Selain untuk memberikan pembelajaran bagaimana melakukan presentasi secara langsung, mitra-mitra yang baru bergabung juga perlu diberikan pelatihan-pelatihan mengenai produk knowledge, marketing plan secara lebih detail, training motivasi dan sebagainya. Pemberian training diseusaikan dengan kebutuhan mereka karena setiap leader yang bergabung mereka memiliki keahlihan, kecenderungan, minat dan harapan yang berbeda-beda.

Praktek, Praktek, Praktek, Praktek, Praktek, Praktek dan Praktek

Selain memberikan training-training dan pelatihan yang mereka butuhkan untuk mengasah keahlian dalam membangun bisnis jaringan di 4life atau menjadi independent distributor 4life yang sukses, memberikan dorongan agar mereka segera mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan adalah hal yang penting. Banyak pelatihan tanpa diikuti praktek dilapangan hasilnya nihil, semakin banyak praktek dilapangan maka semakin banyak ilmu yang didapat dan semakin melatih ketangguhan seseorang dalam bisnis jaringan.  Ilmu pengetahuan penting, belajar dari orang yang sudah sukses dan mengikuti langkah-langkah yang sudah mereka lakukan dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan adalah guru yang berharga. Akan tetapi pengalaman-pengalaman sendiri dilapangan sesuatu yang jauh lebih penting, semakin tinggi jam terbang maka semakin banyak pengalaman-pengalaman yang selanjutnya bisa di bagikan kepada orang-orang yang tergabung dalam jaringan organisasi.

Menetapkan target sesuai dengan yang mereka inginkan, memberikan dukungan ketika mereka membutuhkan seperti  ketika mereka menemukan kendala-kendala dilapangan. Memberikan umpan balik atas apa-apa yang sudah mereka kerjakan, mengevaluasi efektifitas kegiatan-kegiatan, memampukan mereka menggali potensi-potensi yang ada dalam diri mereka secara tulus dan jujur untuk kemajuan bersama-sama. Mengarahkan mereka pada keputusan terbaik untuk kepentingan mereka dan juga untuk kepentingan organisasi secara keseluruhan.

Segera Mandiri, Dapat melakukan banyak aktivitas sendiri

Memberikan bantuan secara berlebihan secara tidak langsung membuat mereka menjadi tidak kreatif dan tidak memberikan kesempatan untuk bertumbuh. Jangan biarkan mereka menyerahkan semua masalah-masalah yang dihadapi karena itu berarti menciptakan ketergantungan pada anda.

Memberikan saran dan solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi tentulah penting, mereka menjadi tempat dimana mereka menemukan benturan-benturan dilapangan. Bantuan atau dukungan yang diberikan tidak mengarah pada sikap dimana mereka selalu menyerahkan masalah kepada upline.

Salah satu cara melatih kemandirian adalah memberikan tanggung jawab kepada mitra-mitra bisnis 4life dalam acara-acara yang diadakan dalam support sistem atau belajar memimpin group meeting. Belajar untuk tampil sebagai pembicara dalam acara pelatihan atau presentasi, baik presentasi yang dihadiri hanya oleh beberapa orang maupun yang dihadiri banyak orang. Keterlibatan bisa dimulai tampil sebagai MC, kemudian berkembang menjadi pembicara presentasi dan selanjutnya dapat berkembang menjadi motivator.

Fokus pada yang fokus

Fokuskan perhatian pada orang-orang yang fokus menjalankan bisnis 4life atau menjadi independent distributor 4life yang sukses.  Mereka yang fokus adalah yang memberikan komitmen dan terus berusaha untuk mengembangkan bisnis dan mencetak prestasi. Investasikan waktu pada anggota-anggota yang terus berkarya dan aktif bekerja sesuai dengan harapan. Mereka memiliki kriteria setia atau loyal (faith), trainable (mau diajari) yaitu yang mau mengikuti pembelajaran yang akan diberikan dan available (meluangkan waktu) yaitu yang bersedia menginvestasikan waktu untuk membangun bisnis di 4life.

Hubungan dengan anggota-anggota di bisnis jaringan (bisnis 4life) bukanlah seperti hubungan atasan dan bawahan. Kita tidak bisa memberikan perintah dan memberikan hukuman jika mereka tidak melaksanakannya dan kita tidak bisa merubahnya. Kita hanya bisa mengarahkan mereka dan jika mereka tidak bergerak sesuai dengan yang kita harapkan maka jangan fokus kepada mereka dan carilah orang-orang yang bisa diajak kerjasama dan berkomitmen untuk sukses.

Bagi mitra-mitra bisnis yang mencetak prestasi maka carilah cara tepat untuk memberikan penghargaan atas kesuksesan mereka, mereka adalah pemimpin-pemimpin masa depan yang akan terus berkarya dan mengembangan bisnis jaringan di 4life.

Dapatkan info lengkap tentang bisnis jaringan, bisnis 4life, bisnis dari rumah dan manfaat transferfactor, Hubungi kami Fitri Yanti:

Email : fitri@4life-4transferfactor.com

Telp /Wa: Fitri Yanti 08123 1000 110 / 0878 9424 7850 Pin BB 2BE3D12E

4life-leader-fitri-yanti-copy

Teruslah Berlatih Menjadi Mentor Yang Efektif sambil Membangun Bisnis Anda Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *